Senin, 20 September 2010

Tanya Jawab tentang Kesehatan Reproduksi dengan Remaja
Tanya: Gue cowok berumur 15 tahun. Kata guru, gue sekarang sedang berada dalam
masa puber.gue udah sering denger kata itu tapi gue belum ngerti banget apa
itu masa puber? tolong dong... jelasin sejelas-jelasnya !

Jawab: Masa puber adalah masa dimana tubuh sedang mengalami perubahan besar-besaran,
dari struktur tubuh anak-anak menjadi struktur tubuh orang dewasa.
Awal dimulainya masa puber pada cowok antara umur 13 atau 14 tahun ( lebih
lambat dari cewek yang udah mulai saat umur 11 atau 12 tahun)dan akan berahir
sekitar umur 17 atau 18 tahun. Tapi ini nggak mutlak,soalnya kondisi tubuh
masing-masing orang kan beda-beda. jadi ada juga cowok yang mengalami masa
puber lebih cepat atau malah terlambat. Karena perubahan besar-besaran ini
terjadi pada semua lini dan berlangsung dalam waktu yang nyaris bersamaan,
perasaan dan emosi kita pun kerap terganggu.
Semoga puas dan jelas.

Tanya: Gue cowok 17 tahun,tapi belum pernah mimpi basah, padahal setiap hari gue
selalu melakukan onani / masturbasi. Kenapa bisa begini ? jelasin dong...!

Jawab; Kalo tiap hari melakukan onani / masturbasi,kemungkinan mimpi basah emang
kecil. Mimpi basah kan merupakan salah satu mekanisme alamiah tubuh untuk
mengeluarkan sperma yang melebihi kuota kantong sperma. Nah kalo tiap hari
onani / masturbasi,jumlah sperma yang tersimpan dalam kantongnya jelas nggak
akan pernah overload,soalnya kan dikeluarin terus-terusan tiap hari pada waktu
onani / masturbasi.Jadinya kamu nggak akan pernah mimpi basah-mimpi basah deh.

Tanya; Ahir-ahir ini suara gue aneh banget,kadang kecil kadang besar. Gua coba
periksa ke dokter THT, tapi katanya nggak apa-apa mengalami voice crack.
Gangguan apa itu ?

Jawab; Voice crack alias suara pecah adalah proses dimana pita suara seorang cowok
mengalami perubahan,dari yang tadinya tipis menjadi lebih tebal. Ini proses
alamiah yang pasti dialami remaja cowok saat berada pada mada puber.
Dalam masa puber struktur organ-organ tubuh kan berubah,gitu juga dengan suara
berubah dari suara anak-anak menjadi suara cowok dewasa yang lebih berat.

semoga bermanfaat ! mana komentarnya dong...!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar